Analysis Gamification and Booking Apps to Customer Experience at 5 Star Hotel in Indonesia

Authors

  • Rio Ridhoi Universitas Airlangga
  • Jiwangga Hadi Nata Universitas Airlangga

Keywords:

gamification, booking apps, customer experience, hotel, user

Abstract

Pada beberapa dekade terakhir, peningkatan mengenai teknologi semakin berkembang, khususnya Gamification ternyata dapat memberikan pengaruh pada industri perhotelan, khususnya suatu pengalaman di hotel bintang 5 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menilai bagaimana elemen-elemen Gamification dan Booking Apps seperti loyalitas program, promosi, dan inovasi layanan mempengaruhi pengalaman pelanggan. Selain itu, dianalisis pula peran aplikasi pemesanan dalam memfasilitasi reservasi dan memberikan informasi yang relevan terhadap hotel, pembayaran, hingga penawaran yang ditawarkan kepada pengguna. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada tamu hotel bintang 5 di Indonesia, kemudian dianalisis menggunakan menggunakan uji terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Gamification dan Booking Apps yang efektif dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-13

How to Cite

Ridhoi, R., & Nata, J. H. (2025). Analysis Gamification and Booking Apps to Customer Experience at 5 Star Hotel in Indonesia. Journal of Tourism and Creativity, 9(1), 1–12. Retrieved from https://jtc.jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/50055

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.